Berbicara mengenai proyek IT yang sudah dijalankan di
indonesia bahkan di dunia, banyak yang mengalami kegagalan dalam pengembangan
proyek IT tersebut. Tetapi tidak sedikit juga yang mendapatkan kriteria
berhasil. Salah satu proyek IT yang berhasil diimplementasikan di Indonesia adalah
e-toll. E-toll merupakan kartu elektronik yang dapat digunakan untuk
mempermudah pengguna jalan tol dalam memasuki kawasan jalan tol. Dengan menggunakan
e-toll card maka pengendara cukup menempelkan kartu tersebut mendekati sensor
yang ada pada tempat yang telah disediakan di wilayah pintu gerbang jalan tol,
maka pengendara dapat langsung masuk ke dalam jalan tol dan melanjutkan
perjalanan. Waktu yang dibutuhkan jauh lebih cepat dibandingkan dengan
pembayaran jalan tol yang masih bersifat manual.
Kartu ini berkerja sama dengan salah satu perusahaan
bangking, yaitu bank Mandiri. Tetapi bank BRI juga telah menyiapkan
perlengkapan teknologinya untuk dapat ikut bekerja sama dengan fasilitas ini.
Memang kartu ini baru dapat digunakan di beberapa kawasan
saja, yaitu :
a. cawang - tomang - cengkareng
b. cawang - tanjung priok - pluit
c. cikupa - cerak
tetapi tidak menutup kemungkinan , semua jalan tol akan menggunakan e-toll ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak hanya jalan ton, kartu ini juga akan dikembangkan agar dapat digunakan di tempat pengisian bahan bakar (pom bensin).
a. cawang - tomang - cengkareng
b. cawang - tanjung priok - pluit
c. cikupa - cerak
tetapi tidak menutup kemungkinan , semua jalan tol akan menggunakan e-toll ini untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Tidak hanya jalan ton, kartu ini juga akan dikembangkan agar dapat digunakan di tempat pengisian bahan bakar (pom bensin).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar